KABUPATEN CIANJUR

Cianjur tak hanya punya bentang alam yang melimpah. Kabupaten yang sebagian besar wilayahnya pergunungan ini nyatanya menyimpan kebudayaan masa lampau. Adalah Gunung Padang, situs prasejarah peninggalan kebudayaan yang berkembang pada zaman megalitikum.


Berada di Kecamatan Campaka, luas kompleks utama situs tersebut sekitar 900 meter persegi. Dengan luas mencapai 3 Ha, Situs Gunung Padang adalah kompleks punden berundak terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara.


Kabupaten Cianjur dengan luas wilayah mencapai luas wilayah 3.432,96 kilometer persegi, terdiri dari 32 kecamatan. Dari total luas tersebut, 19,4 persennya merupakan lahan perkebunan mencakup bagian utara, tengah dan selatan.


Bagian selatan Cianjur juga berupa dataran rendah dan punya garis pantai yang cukup panjang. Ada beberapa pantai menawan seperti Pantai Jayanti yang terhampar di Samudera Hindia. Objek wisata air terjun atau curug juga cukup banyak dan tersebar di banyak kecamatan. Misalnya Curug Citambur di Kecamatan Pasirkuda.


Dilintasi jalan nasional Jakarta-Bogor-Bandung, Kabupaten Cianjur juga dikenal dengan kawasan Cipanas-Puncak yang merupakan daerah wisata dan agrobisnis. Di kawasan kaki Gunung Gede ini, terdapat salah satu istana kepresidenan yaitu Istana Cipanas.


Cianjur juga punya tanah yang subur untuk pertanian dan terkenal dengan berasnya yang berkualitas dan beraroma wangi. Sebagai daerah agraris yang pembangunannya bertumpu pada sektor pertanian, Cianjur adalah salah satu daerah swasembada padi.*

 

Wisata Sejarah

Situs Gunung Padang

Mendengar namanya saja, siapa pun pasti langsung punya bayangan kalau objek wisata ini adalah suatu tempat temuan benda-benda purb.....

Wisata Kuliner

Tauco Cap Meong

Kehadiran bumbu berbahan kedelai macam tauco terus memasyarakat dan dikenal luas. Cianjur sebagai penghasil tauco, sudah memperken.....

JELAJAH

Rp 556,750
Rp 556,750
2 hari

Nikmatnya Hidup Di Desa

Kabupaten Garut, Jawa Barat

Rp 246,500
Rp 246,500
1 hari

Serunya Ramai-ramai Sehari Jadi Urang Lembur!

Kabupaten Garut, Jawa Barat