Semua Agenda > Penataan Kawasan Wisata Pantai Pangandaran Dimulai

Rencana penataan kawasan Pantai Pangandaran. (Dok. harapanrakyat.com)*

Penataan Kawasan Wisata Pantai Pangandaran Dimulai

WISATA | 29 Agustus 2019

Penataan kawasan wisata Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran dimulai. Ditargetkan, mega proyek tersebut dapat rampung November mendatang.
Dikutip dari harapanrakyat.com, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, kawasan wisata tersebut bakal ditata dengan konsep modern seperti halnya pantai di Hawai Amerika Serikat. Meski begitu, penataan tidak akan mematikan usaha nelayan dan usaha warga yang sudah puluhan tahun mengais rezeki di kawasan pantai tersebut seperti jasa penyewaan sepeda hingga odong-odong.
“Sampai sekarang kita terus bicarakan terkait penempatan nelayan pascapenataan. Mereka juga harus dilindungi bahkan kehidupannya harus kita tingkatkan,” kata Jeje pekan lalu. “Penataan ini pun akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa nantinya. Kalau kawasan pantainya indah, otomatis akan menjadi magnet wisatawan,” kata Jeje mengimbuhkan.
Terkait usaha warga, kata Jeje, usaha mereka akan turut dilindungi. Hanya saja, seiring dengan penataan ini keberadaan usaha mereka turut ditata agar tidak tampak semrawut.
Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran Undang Sohbarudin mengatakan, penataan Pantai Pangandaran meliputi kawasan pantai barat dan timur. Penataan ini sebagai wujud keseriusan pemerintah membangun Pangandaran menjadi kawasan wisata yang nyaman bagi wisatawan.
“Pemenang tender proyek ini sudah ada dan sekarang pengerjaannya akan dimulai. Ada pun biayanya sebesar Rp 80 miliar dari provinsi dan Rp 3,2 miliar dari DAK pusat,” katanya.
Menurut dia, melalui bantuan dari pemerintah provinsi dan pusat, Pangandaran bakal menjadi lebih cantik dan berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan.
“Mudah-mudahan bisa selesai sesuai rencana (November 2019). Sebab, nanti di Desember bakal ramai pengunjung,” ujar Undang. (IA)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat