Semua Agenda > Sérén Taun Dongkrak Kunjungan Wisata ke Kuningan

Penampilan seni saat Upacara Adat Sérén Taun di Desa/Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, Sabtu (24/8/2019). (Dok. kuningankab.go.id)*

Sérén Taun Dongkrak Kunjungan Wisata ke Kuningan

SENI DAN BUDAYA | 26 Agustus 2019

Puncak acara Upacara Adat Sérén Taun di Desa/ Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, Sabtu (24/8/2019), turut mendongkrak kunjungan wisata ke Kuningan khususnya ke objek wisata di sekitar lokasi acara seperti kolam wisata ikan dewa.
Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, Upacara Adat Sérén Taun telah dikukuhkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda Indonesia beberapa waktu lalu. “Semoga ini menjadi spirit kita semua untuk selalu menjaga dan melestarikan adat budaya karuhun,” ucap Acep, Sabtu (24/8/2019), dikutip dari laman resmi kuningankab.go.id.
Dikatakannya, Upacara Adat Sérén Taun dilakukan masyarakat Sunda khususnya masyarakat adat Cigugur pada tanggal 22 Rayagung setiap tahunnya. Upacara tersebut digelar sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan hasil pertanian.
Puncak acara dilangsungkan di Pendopo Paseban dengan menampilkan beragam kesenian tradisional seperti Tari Buyung dan kesenian Angklung. Acara tak hanya disaksikan segenap masyarakat Kuningan dan sekitarnya tetapi juga para wisatawan dari berbagai daerah.
Kolam ikan dewa menjadi objek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan usai gelaran upacara tersebut. Pada akhir pekan biasa, rata-rata pengunjung yang datang 50-100 orang. Pada Sérén Taun, pengunjung mencapai 300 orang.
Aleh, salah seorang petugas di Kolam Ikan Cigugur mengatakan, kebanyakan wisatawan datang untuk rekreasi sekaligus terapi. “Acara adat Sérén Taun menjadi salah satu pemicu meningkatnya jumlah wisatawan untuk melakukan terapi ikan di kolam Cigugur yang dikenal dengan ikan dewa,” tuturnya.
Dikatakan Aleh, wisatawan berkunjung ke kolam Cigugur didorong rasa penasaran akan ikan dewa. Menurut cerita yang berkembang, ikan dewa merupakan ikan keramat. Namun, terlepas dari cerita dan mitos di masyarakat, kelestarian ikan unik sejenis kancra tersebut masih terjaga hingga saat ini. (IA)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat