Semua Agenda > Pemkab Pangandaran akan Revitalisasi Pantai Karapyak

Pantai Karapyak Kabupaten Pangadaran. Kawasan pantai tersebut bakal direvitalisasi secara bertahap dan dimulai tahun ini dengan anggaran Rp 1,5 miliar. (Foto: disparbud.jabarprov.go.id)*

Pemkab Pangandaran akan Revitalisasi Pantai Karapyak

WISATA | 13 Agustus 2019

Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan merevitalisasi Pantai Karapyak di Desa Bagolo Kecamatan Kalipucang secara bertahap dan dimulai tahun ini dengan anggaran Rp 1,5 miliar.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran Undang Sohbarudin mengatakan, total anggaran yang dibutuhkan untuk merevitalisasi kawasan Pantai Karapyak mencapai Rp 25 miliar. Menurut dia, anggaran sebesar itu merujuk pada perhitungan perencanaan yang tertuang dalam Rencana Pariwisata Daerah Kabupaten Pangandaran yang dibuat pada tahun 2015.
“Jadi, apabila pembangunannya bertahap dalam beberapa tahun mungkin kebutuhan anggarannya akan lebih dari Rp 25 miliar karena hitungan itu dilakukan tahun 2015. Tentu akan terjadi kenaikan seiring inflasi,” tutur Undang beberapa waktu lalu, dikutip dari harapanrakyat, Selasa (13/8/2019).
“Revitalisasi tahap pertama akan dimulai tahun ini. Anggarannya sebesar Rp 1,5 miliar,” ujarnya mengimbuhkan.
Dikatakan, perencanaan revitalisasi Pantai Karapyak hanya membangun fasilitas publik dan mempercantik kawasan. Pada tahap pertama, kata Undang, akan dibuat bangunan berarsitektur unik dan modern yang bakal dijadikan ikon Pantai Karapyak, taman dan areal parkir.
Bangunan ikonik yang mirip miniatur menara dibangun terlebih dahulu karena disesuaikan dengan tren pariwisata saat ini. Kata dia, selain mencari tempat rekreasi yang mengasyikkan, wisatawan selalu memilih destinasi yang menurut mereka bagus dan keren untuk berfoto.
“Apalagi rekreasi di Pantai Karapyak hanya untuk menikmati keindahan alam sebab di pantai ini tidak bisa berenang. Artinya, di objek wisata alam perlu dibuat beberapa spot selfie (foto) agar wisatawan betah tinggal berlama-lama,” kata Undang.
Kawasan Pantai Karapyak yang bakal direvitalisasi seluruhnya berada di sepanjang pantai dengan panjang area sekitar 4 atau 5 Km. Lokasinya dari mulai titik yang dibangun ikon sampai ke kawasan Batu Kasur. (IA)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat