Semua Agenda > Sungai Cipelang Kota Sukabumi Bakal Jadi Destinasi Wisata

Pemandu sedang membantu wisatawan bermain river tubing di Sungai Cipelang Kabupaten Sukabumi. (Dok. Sukabumigetlost)*

Sungai Cipelang Kota Sukabumi Bakal Jadi Destinasi Wisata

WISATA | 10 Juli 2019

Aliran Sungai Cipelang di Kota Sukabumi bakal disulap menjadi kawasan destinasi wisata. Selain itu, aliran sungai tersebut bakal difungsikan sebagai pengelolaan limbah komunal domestik.
“Dalam perencanaannya, Sungai Cipelang Kota Sukabumi akan ditata menjadi tempat wisata,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi Rudi Djuansyah, Selasa (9/7/2019), dikutip dari republika.co.id.
Dikatakannya, saat ini desain untuk penataan sungai tersebut sudah disiapkan dan akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah pusat dalam waktu dekat. Rencana sudah masuk dalam tahapan penyusunan anggaran.
Penataan, kata Rudi, diperlukan untuk mengentaskan masalah kekumuhan di Sungai Cipelang yang mengalir di Kota Sukabumi. Menurut dia, jika kekumuhan teratasi maka otomatis akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan.
Tidak dimungkiri, Kota Sukabumi tidak dianugerahi bentang alam yang melimpah untuk dijadikan objek wisata. Sejauh ini, objek wisata alam yang menjadi favorit di kota mochi tersebut adalah pemandian air panas Cikundul dan kawasan agro-eduwisata Cikundul di Kecamatan Lembursitu.
Kedua kawasan itu pun masih terus dikembangkan dengan penataan yang lebih baik sehingga mendorong peningkatan kunjungan wisatawan. “Jika Sungai Cipelang sudah ditata menjadi tempat wisata dan pengelolaan limbah komunal demestik, maka dapat menambah destinasi wisata di Kota Sukabumi,” kata Rudi.
Dia mengaku optimistis, keberadaan objek wisata baru Sungai Cipelang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kata dia, aktivitas wisatawan yang datang dapat menggerakkan roda ekonomi warga di sekitar lokasi objek wisata.
Saat ini, di hulu Sungai Cipelang yang masuk wilayah Kabupaten Sukabumi, aktivitas wisata sudah terbentuk dan berjalan seperti wisata minat khusus river tubing. (IA)*

Baca: https://www.gurilaps.com/d/offroad-dulu-baru-tubing

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat