Semua Agenda > Kecamatan Nyalindung Sukabumi Kembangkan Potensi Wisata Desa

Wisatawan melakukan penelusuran gua di Buniayu. (Foto: Buniayu Adventure & Training)*

Kecamatan Nyalindung Sukabumi Kembangkan Potensi Wisata Desa

WISATA | 9 Juli 2019

Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dan pendapatan asli desa, Pemerintah Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi terus mengembangkan potensi wisata desa. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan pendapatan ekonomi warganya.
“Kami yakin pengembangan wisata desa dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat perdesaan sehingga ke depan dapat mengatasi kemiskinan,” ucap Sekretaris Camat Nyalindung Anna Rudiana belum lama ini, dikutip dari radarsukabumi, Selasa (9/7/2019).
Dikatakannya, potensi pengembangan wisata desa cukup menjanjikan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, meningkatkan pendapatan warga termasuk penyerapan lapangan pekerjaan.
Anna menyebutkan, di Kecamatan Nyalindung dengan luas wilayah 1.002 hektare terdapat kekayaan alam yang berpotensi dijadikan sebagai objek wisata dan bernilai tinggi seperti Situ Rancabali, Situ Talaga Bodas dan Gua Buniayu (Gua Siluman) di Desa Kertaangsana. Gua Buniayu menjadi salah satu lokasi wisata minat khusus penulusuran gua terbaik dan terlengkap di Jawa Barat bahkan Indonesia.

Baca: https://www.gurilaps.com/d/ekspedisi-indah-dalam-gelap
“Dari seluruh potensi yang ada di Kecamatan Nyalindung, terdapat objek wisata yang diunggulkan yakni Gua Siluman. Tempat ini cukup dikenal di wilayah Provinsi Jawa Barat. Bahkan pada tahun lalu, objek wisata itu sempat dijadikan tempat syuting jejak para normal di salah satu televisi swasta,” tuturnya.
Saat ini, masih kata Anna, Kecamatan Nyalindung tengah berupaya mengembangkan wisata desa agar menjadi tulang punggung pendapatan ekonomi masyarakat. Sebabnya, wisata desa bakal melahirkan sentra usaha kerajinan masyarakat sehingga memberikan nilai tambah kesejahteraan.
Pihaknya optimistis dengan langkah pengembangan desa dari sektor pariwisata yang tengah dilakukan pemerintah. Kelak, objek wisata di wilayahnya bakal banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
“Kami optimistis wisata desa akan diserbu pengunjung domestik dan mancanegara meski sekarang keberadaan objek wisata ini belum maksimal dan perlu pengembangan. Saya berharap potensi wisata ini bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat juga pendapatan asli desa,” ujarnya. (IA)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat