Semua Agenda > Pemkot Cimahi Wacanakan Naik Bus Sakoci Bayar Pakai Sampah

Pemkot Cimahi mewacanakan pembayaran tiket bus wisata Sakoci dengan ditukar sampah anorganik. Hal ini sebagai upaya memberikan edukasi pengelolaan sampah di Kota Militer tersebut. (Foto: detik.com/Mochamad Solehudin)*

Pemkot Cimahi Wacanakan Naik Bus Sakoci Bayar Pakai Sampah

LINGKUNGAN | 13 Mei 2019

Pemerintah Kota Cimahi berencana membuat sistem pembayaran naik bus wisata Sakoci (Saba Kota Cimahi) pakai sampah. Wacana ini digulirkan sebagai upaya memberikan edukasi pengelolaan sampah terkhusus bagi anak-anak.
Wacana itu muncul seturut pada hasil evaluasi. Ada sejumlah instansi yang dilibatkan untuk menggarap inovasi bayar tiket Sakoci pakai sampah antara lain Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga, Dinas Perhubungan dan Organda Kota Cimahi.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi M Ronny mengatakan, dalam evaluasi itu dibahas tarif Sakoci hingga proses penguraian sampah. Dari situ, muncul ide bersama menukar sampah anorganik dengan tiket Sakoci. Kelak jika itu diberlakukan, masyarakat bisa membayar ongkos bus tersebut dengan sampah anorganik atau barang bekas semisal kardus, botol plastik, duplek, logam hingga kaca.
“Nantinya jumlahnya disesuaikan dengan tarif. Misal harga tiket Rp 15 ribu untuk pelajar, terus harga dus sekilo Rp 3 ribu, pengunjung nanti tinggal membawa lima kilogram,” kata Ronny menjelaskan, Sabtu (11/5/2019), dikutip dari detik.com.
Dikatakannya, masyarakat atau anak-anak nanti bisa menukarkan sampah/ barang bekas tersebut dengan kupon atau voucher perjalanan. Tempat penukaran bisa di sekolah-sekolah atau fasilitas umum yang telah terintegrasi dengan bank Sampah Induk Cimahi (Samici).
“Nanti kupon tersebut ditukarkan dengan tiket perjalanan di Alun-alun Cimahi. Selain berwisata, juga membantu pengurangan sampah,” ujar Ronny. Namun begitu, pihaknya belum bisa memastikan kapan wacana tersebut terealisasi. Kata dia, harus ada Memorandum of Understanding (MoU) dulu dengan pihak-pihak terkait.
Rencana penukaran sampah anorganik dengan tiket Sakoci akan sangat membantu terhadap pengurangan timbunan sampah di Kota Cimahi. Diharapkan, masyarakat termasuk kaum milenial bisa semakin termotivasi untuk memilah sampah dan bisa menabung sampah di unit Bank Samici. “Kami berharap konversi sampah anorganik menjadi tiket Sakoci ini bisa secepatnya diterapkan,” kata Ronny.
Saat ini, Sakoci beroperasi dengan melayani rute wisata ke tempat-tempat bersejarah di Kota Militer, mulai dari bioskop bersejarah Rio hingga Kampung Adat Cireundeu di bilangan Leuwigajah. (Irwan Akhmad)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat