Semua Agenda > DLHK Pangandaran Antisipasi Peningkatan Sampah Libur Lebaran

Petugas DLHK tengah membersihkan sampah di Pantai Pangandaran. Pascalebaran 2019, pihaknya akan mengerahkan seluruh petugas dan armada untuk mengantisipasi peningkatan volume sampah saat liburan. (Foto: sindonews.com)*

DLHK Pangandaran Antisipasi Peningkatan Sampah Libur Lebaran

LINGKUNGAN | 11 Mei 2019

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi peningkatan sampah saat libur Lebaran 2019 mendatang.

“Untuk peningkatan penanganan tentu sudah disiapkan dari sekarang. Bahkan, kita juga sudah siap untuk membeli peralatan penanganan sampah,” kata Kasi Pengelolaan Sampah DLHK Kabupaten Pangandaran Abay Bayanullah, beberapa waktu lalu.

Dikutip dari radartasikmalaya.com, Sabtu (11/5/2019), Abay mengatakan, petugas atau pekerja dan semua armada akan dikerahkan untuk mengangkut sampah pada H+2 Lebaran. Dia memprediksi, sampah terutama plastik termasuk bekas konsumsi wisatawan akan meningkat di seputar objek-objek wisata.
“Peningkatan sampah diperkirakan meningkat 75 persen dari hari biasa. Sementara tahun lalu peningkatan mencapai 65 persen,” ujar Abay. Hal ini seiring dengan prediksi peningkatan kunjungan wisatawan ke Pangandaran yang cukup signifikan sejak April lalu.
Dikatakan dia, pada awal Ramadan saja sampah meningkat sampai 45 persen ketimbang hari biasa. Peningkatan sampah terlihat di Pantai Batu Karas, Green Canyon, dan Pantai Batu Hiu. Sementara di Pantai Pangandaran tidak terlampau meningkat signifikan.
“Paling banyak adalah sampah plastik, dibawa aliran sungai yang kemudian masuk ke laut. Sampah-sampah plastik ini sulit sekali terurai, maka sangat berbahaya jika masuk ke laut,” kata Abay menegaskan.
Sementara Kabid Kebersihan DLHK Kabupaten Pangandaran Cucu Kurniawan mengatakan, armada pengangkut sampah sudah siap sedia dan layak pakai. “Ada dua dump truk dan armada lainnya enam buah,” ujarnya. (Irwan Akhmad)*

Hot Deals

Rp 556,750
Rp 473,000
2 hari

Nikmatnya Hidup Di Desa

Kabupaten Garut, Jawa Barat

Rp 246,500
Rp 209,500
1 hari

PAKET JELAJAH

Rp 556,750
Rp 556,750
2 hari

Nikmatnya Hidup Di Desa

Kabupaten Garut, Jawa Barat

Rp 246,500
Rp 246,500
1 hari