Semua Agenda > Situs Gunung Padang Diharapkan Dongkrak PAD Cianjur

Objek wisata Situs Megalitikum Gunung Padang diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan dan PAD Cianjur dalam momentum liburan Lebaran tahun 2019. (Foto: Irwan Akhmad)*

Situs Gunung Padang Diharapkan Dongkrak PAD Cianjur

WISATA | 10 Mei 2019

Penambahan destinasi wisata Cagar Budaya Nasional Gunung Padang dan Hutan Kota di Kabupaten Cianjur diharapkan menjadi cara jitu untuk mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata tahun ini.
Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Cianjur Munazat mengatakan, bahwa liburan Lebaran tahun 2019 menjadi momentum untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.
Dikatakannya, saat memasuki bulan Ramadan pekan ini, tingkat kunjungan wisatawan dipastikan turun drastis ketimbang hari biasa. “Untuk wisatawan luar sudah pasti menurun tajam. Paling hanya wisatawan lokal dengan tujuan ngabuburit ke sejumlah wisata bernuansa alam atau Taman Alun-alun,” kata Munazat, Kamis (9/5/2019), dikutip dari Antara.
Kendati demikian, menurutnya, pada libur Lebaran kunjungan wisatawan diprediksi bakal meningkat. “Pekan pertama usai Ramadan, tingkat kunjungan wisata berpotensi naik sampai dua kali lipat dibandingkan hari biasa karena menjadi momentum keluarga untuk berlibur bersama,” katanya memberi alasan.
Pihaknya juga akan memanfaatkan momentum ini untuk mengejar PAD Cianjur di sektor pariwisata. Salah satunya dengan menyiapkan sebaik mungkin objek wisata yang ada termasuk Hutan Kota Cianjur dan Cagar Budaya Nasional Gunung Padang untuk menarik wisatawan terutama dari luar daerah.
“Kami optimistis target bisa tercapai meskipun selama puasa tingkat kunjungan wisatawan kurang. Karena ada penambahan destinasi wisata baru diharapkan bisa meningkatkan angka kunjungan dan menambah PAD,” tutur Munazat.
Alun-alun Cianjur yang saat ini tengah menjadi magnet utama para pelancong datang, akan dilengkapi dengan fasilitas pusat informasi wisata. Nanti, kata dia, semua destinasi wisata di Cianjur bakal terintegrasi dan menjadi satu paket wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. (Irwan Akhmad)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat