Semua Agenda > Cirebon Sediakan Pojok Bacaan Dilengkapi Buku Mangrove

Cirebon Sediakan Pojok Bacaan Dilengkapi Buku Mangrove

LINGKUNGAN | 13 Maret 2019

Pemerintah Kota Cirebon akan menyediakan Pojok Bacaan di setiap RW di daerah pesisir. Pojok literasi tersebut dilengkapi buku-buku terkait mangrove sebagai upaya menanamkan cinta terhadap lingkungan.


Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengatakan, akan terus melakukan sosialisasi betapa pentingnya mangrove untuk kehidupan. Akan tetapi dia mengakui, belum sampai ke pembuatan kurikulum mangrove seperti halnya di Indramayu.


Dengan disediakannya pojok baca tersebut, kata Eti, diharapkan generasi muda mengerti pentingnya tanaman mangrove untuk menjaga ekosistem lingkungan. Pihaknya tidak akan tinggal diam dan tetap melakukan sosialisasi pentingnya tanaman mangrove.


“Dengan demikian, mereka akan tergugah untuk menjaga dan memelihara mangrove yang sudah ditanam,” ujar Eti, seperti dikutip dari Antara.


Pada Senin (11/3/2019), Pemkot Cirebon bersama sejumlah unsur masyarakat melakukan penanaman sebanyak 5 ribu bibit mangrove. Menurut Eti, yang terpenting dalam gerakan itu bukan sekadar menanam bersama-sama tetapi juga pemeliharaannya. Sebab, mangrove yang ditanam saat ini justru akan berguna dan bermanfaat untuk generasi yang akan datang.


Jika mangrove sudah tumbuh subur, kata dia, maka pemenuhan terhadap oksigen bisa tersedia lebih banyak dan ekosistem bakal terjaga. Bahkan, menjadi pagar hidup yang bisa meminimalkan dampak jika terjadi bencana seperti tsunami.


“Bahkan hutan mangrove juga bisa dijadikan sebagai objek wisata baru di Kota Cirebon,” ujarnya mengimbuhkan.


Eti menyebut, saat ini baru ada sekira 9 hektare hutan mangrove yang ada di pesisir Kota Udang. Targetnya, ke depan sepanjang pesisir Kota Cirebon ditanami mengrove. (Irwan Akhmad)*

Hot Deals

Rp 556,750
Rp 556,750
2 hari

Nikmatnya Hidup Di Desa

Kabupaten Garut, Jawa Barat

Rp 246,500
Rp 246,500
1 hari

PAKET JELAJAH

Rp 556,750
Rp 556,750
2 hari

Nikmatnya Hidup Di Desa

Kabupaten Garut, Jawa Barat

Rp 246,500
Rp 246,500
1 hari