Article > Gua Buniayu

Gua Buniayu

WISATA ALAM | 21 November 2018

Irwan

Gurilaps Admin

Lokasi : Desa Kertaangsana Kecamatan Nyalindung Kab. Sukabumi

 

Gua Buniayu merupakan gua alam yang terbentuk akibat pelarutan dan pengikisan air hujan terhadap lapisan karst selama ribuan tahun. Gua ini termasuk gua yang mempunyai gerbang masuk vertikal. Sepanjang 1,5 kilometer lorong horizontalnya, gua ini menyajikan keindahan dalam kegelapan dengan berjuta ornamennya seperti stalaktit, stalagmit, dan gordam. Seturut namanya, dalam bahasa Sunda, “buni” berarti tersembunyi dan “ayu” berarti cantik, gua ini benar-benar indah.

Dikenal juga dengan nama Gua Cipicung yang diambil dari nama kampung di mana gua ini berada. Namun demikian, di kawasan Buniayu sedikitnya ada 84 gua. Bentukan sistem jaringan perguaan yang saling berhubungan antara lorong-lorong kecil dan besar, sempat membuat kawasan Gua Buniayu menyandang predikat Cave System Terbaik se-Asia Tenggara. Dari Kota Sukabumi lokasi ini dapat ditempuh sekira 90 menit.*

Hot Deals

Rp 556,750
Rp 556,750
2 hari

Nikmatnya Hidup Di Desa

Kabupaten Garut, Jawa Barat

Rp 246,500
Rp 246,500
1 hari

Artikel Terkait

Curug Awang

Curug Awang merupakan salah satu curug yang berada di aliran Sungai Ciletuh di tengah hutan yang subur. Memiliki ketinggian sekira..

Gua Buniayu

Gua Buniayu merupakan gua alam yang terbentuk akibat pelarutan dan pengikisan air hujan terhadap lapisan karst selama ribuan tahun..

Gunung Tangkuban Parahu

Sebagai objek wisata alam populer, Gunung Tangkuban Parahu tak hanya menyajikan panorama yang menakjubkan. Tetapi juga sarat akan ..

PAKET JELAJAH

Rp 556,750
Rp 556,750
2 hari

Nikmatnya Hidup Di Desa

Kabupaten Garut, Jawa Barat

Rp 246,500
Rp 246,500
1 hari