Article > Kuda Rénggong

Kuda Rénggong

WISATA BUDAYA | 19 Februari 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Kuda-kuda terlatih ini bukan hanya nampak gagah, tetapi juga pandai menari. Kuda Rénggong dikenal sebagai seni pertunjukan rakyat yang berasal dari Kecamatan Buah Dua, Kabupaten Sumedang. Cara berjalan kuda ini nampak berbeda dari kuda umumnya terutama kala menari mengikuti irama musik. Bahkan, dapat berdiri sembari memainkan kedua kaki.

Dalam sebuah pertunjukan, kuda-kuda penari didandani sejumlah aksesori berwarna warni. Sebagai  seni helaran, Kuda Rénggong biasanya dipentaskan dalam sebuah festival dan acara syukuran anak yang telah disunat atau dikhitan. Sembari berkeliling kampung, kuda-kuda penari ini akan mengikuti irama dan alunan musik yang ditabuh sejumlah pemain instrumen musik pengiring. Kuda Rénggong berjalan dan menari mengikuti harmoni. (IA)*

Hot Deals

Rp 556,750
Rp 556,750
2 hari

Nikmatnya Hidup Di Desa

Kabupaten Garut, Jawa Barat

Rp 246,500
Rp 246,500
1 hari

Artikel Terkait

Kuda Rénggong

Kuda-kuda terlatih ini bukan hanya nampak gagah, tetapi juga pandai menari. Kuda Rénggong dikenal sebagai seni pertunjukan rakyat..

Kesenian Tarawangsa

Sebagai kearifan lokal, kesenian Tarawangsa punya ciri khas dan tradisi yang sakral serta sarat dengan mistik. Kesenian ini umumny..

Kampung Adat Urug

Berjarak 60 kilometer arah barat daya Cibinong, keberadaan Kampung Adat Urug menjadi sebentang oase dari padang modernisasi di Bog..

PAKET JELAJAH

Rp 556,750
Rp 556,750
2 hari

Nikmatnya Hidup Di Desa

Kabupaten Garut, Jawa Barat

Rp 246,500
Rp 246,500
1 hari