Article > Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perundingan Linggarjati

WISATA SEJARAH | 31 Agustus 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Lokasi: Desa Linggarjati Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan

Siapa kira, sebuah rumah di kota kecil di kaki Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan ini menjadi dikenal dunia internasional melalui sosok Sutan Sjahrir. Tepatnya di Linggarjati, rumah zaman baheula yang dibangun tahun 1930-an menjadi saksi bisu pertemuan penting antara Indonesia dengan Belanda pascakemerdekaan. Adalah Perundingan Linggarjati yang berlangsung 11-12 November 1946. Hasil perundingan menghasilkan naskah Persetujuan/Perjanjian Linggarjati yang disepakati di Jakarta pada 15 November 1946.
Kini, rumah tinggal van Oot Dome di bekas lahan gubuk Ibu Jasitem tersebut difungsikan sebagai museum. Ruang perundingan, meski dengan perabot replika, cukup membantu pengunjung beroleh gambaran suasana ketika itu. Terlihat deretan kursi di sebelah kiri ditempati delegasi pihak Indonesia yang dipimpin Sjahrir selaku perdana menteri pertama Indonesia.

Gedung Perundingan Linggarjati berdiri di atas lahan seluas 500 meter persegi dengan halaman mencapai 2,5 hektare. Seluruh areal bangunan dibatasi pagar. Pada saat agresi militer tentara II tahun 1948-1950, gedung sempat dijadikan markas tentara Belanda.
Masuk ke dalam museum, pengunjung seakan dibawa ke dalam napak tilas diplomatik para pendiri bangsa. Selain furnitur, sejumlah foto dokumentasi seputar perundingan menghiasi Ruang Perundingan Linggarjati. Sebut saja antara lain foto pewarta mencanegara yang tengah mengetik naskah berita di kediaman Sjahrir di Linggasana. Adapula foto Sjahrir dan ketua delegasi Belanda W Schemerhorn memaraf Naskah Perjanjian Linggarjati di kediaman resmi Sjahrir di Pegangsaan Timur Jakarta. Naskah asli perundingan disimpan di Jakarta dan Amsterdam Belanda. (IA/Foto: disparbud.jabarprov.go.id)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Gedung Perundingan Linggarjati

Siapa kira, sebuah rumah di kota kecil di kaki Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan ini menjadi dikenal dunia internasional melalui s..

Taman Purbakala Cipari

Bersantai atau rekreasi di taman penuh bunga memang mengasyikkan dan menenangkan. Namun, ada hal lebih yang bakal didapat saat ber..

Keraton Kacirebonan

Berstatus keraton terkecil dan paling akhir dibangun di antara dua keraton pendahulunya yakni Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoma..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat