Article > Kerajinan Rotan Cirebon

Kerajinan Rotan Cirebon

SUVENIR DAN KERAJINAN | 30 Agustus 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Tak diragukan, Kabupaten Cirebon sedari dulu masyhur sebagai daerah penghasil kerajinan rotan terbesar di Indonesia bahkan pada masa jayanya pernah merajai ekspor produksi rotan dunia. Padahal, alam Cirebon tak punya potensi hutan rotan. Selama ini, rotan didatangkan dari seberang yakni Pulau Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera.
Sentra industri rotan Cirebon tersebar di sejumlah kecamatan. Sebut saja antara lain Kecamatan Weru terutama di Desa Tegalwangi. Lalu di Desa Tegalsari Kecamatan Plered, Kecamatan Plumbon, Sumber, Depok dan Palimanan. Sebagian warga di sana punya kemampuan menganyam rotan dengan kualitas mumpuni. Dari kecamatan-kecamatan tersebut, sebagian ekspor kerajinan rotan nasional dihasilkan.

Munculnya kerajinan rotan di Cirebon tak bisa dilepaskan dengan legenda dan kisah lamaran Pangeran Kejaksan kepada Nyi Mas Galmantro, pendiri Desa Tegalmantro yang kini menjadi Tegalwangi, dengan mas kawin sejumlah rotan meski akhirnya ditolak lantaran kurang dua batang rotan. Legenda ini rupanya menjadi awal masyarakat setempat membuat rotan untuk menyambung hidup dan meningkatkan ekonomi.
Dulu sekali, hasil rotan Cirebon pertama kali dibuat untuk tikar lampit. Pada tahun 1930-an, para pengrajin mulai membuat kursi dari rotan. Dalam perkembangannya, selain set kursi meja untuk ruang tamu, kerajinan tangan dari rotan menghasilkan beragam bentuk perlengkapan rumah lainnya semisal kursi goyang, rak piring, penutup lampu, hiasan atau pajangan, tas hingga piring. Umumnya proses penyelesaian rotan menggunakan pernis sehingga mengilap dan membiarkan warna alami rotan mendominasi. (IA/Foto: kerajinanindonesia.id/cirebonmedia)* 

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Kerajinan Rotan Cirebon

Tak diragukan, Kabupaten Cirebon sedari dulu masyhur sebagai daerah penghasil kerajinan rotan terbesar di Indonesia bahkan pada ma..

Lampu Gentur

Siapa yang tak tahu lampu cantik ini? Masyarakat mengenal dan menyebutnya dengan nama lampu gentur. Lampu semacam ini banyak dijum..

Payung Geulis

Bukan hanya wanita yang bisa berdandan untuk tampil cantik. Payung yang satu ini pun didandani supaya punya penampilan yang menari..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat