Article > Kalua Jeruk

Kalua Jeruk

WISATA KULINER | 27 Agustus 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Orang menyebut oleh-oleh khas Ciwidey Kabupaten Bandung ini dengan nama kalua. Kudapan yang kebanyakan diproduksi penduduk lokal dari kulit jeruk tersebut hadirkan sensasi rasa tersendiri, ada manis dan masam. Anda pernah mencicipinya?
Sesuai namanya, manisan ini dibuat dari bahan dasar jeruk bali. Akan tetapi tunggu dulu, bahan yang digunakan adalah kulitnya, bukan buahnya. Selama ini barangkali kita lebih banyak membuang kulit jeruk setelah mengonsumsi buahnya, bukan? Di tangan warga Pasir Jambu Ciwidey, kulit jeruk bali dapat menjadi buah tangan yang unik. Kulit jeruk yang rasanya pahit disulap menjadi kudapan yang begitu legit.

Rupanya, proses pengolahan dan pembuatan kalua boleh dibilang cukup sederhana. Kulit jeruk dipotong dan direndam selama semalam dalam air kapur sirih. Tujuan proses ini adalah untuk menghilangkan rasa pahit yang melekat pada kulit. Potongan-potongan kulit tersebut lalu dibersihkan dengan air dan direbus air mendidih. Proses ini dilakukan beberapa kali. Setelah itu, kalua dicampur dengan gula dan pewarna pangan. Hasilnya, ada banyak pilihan rasa kalua jeruk dengan warna yang beragam. Selain rasa gula pasir (warna putih) dan gula aren, ada pula rasa stroberi (merah), sirsak (hijau) hingga durian (kuning).
Biasanya kalua jeruk berwarna-warni dan menarik itu dijajakan dalam etalase atau wadah berbahan tembus pandang seperti kaca. Bentuk potongan kalua rupa-rupa bahkan cenderung sembarang. Rata-rata ukurannya 2x5 cm dan tidak terlalu tebal. Untuk memperolehnya cukup mudah, kalua jeruk banyak dijumpai di toko atau kedai oleh-oleh di bilangan Jalan Raya Ciwidey-Pasir Jambu. Sebagai kudapan manis, kalua nikmat disantap dalam jamuan minum teh. (IA/Foto: IA/infociwidey/putratravel)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Kalua Jeruk

Orang menyebut oleh-oleh khas Ciwidey Kabupaten Bandung ini dengan nama kalua. Kudapan yang kebanyakan diproduksi penduduk lokal d..

Mi Kocok

Mencari kuliner di Kota Bandung yang membuat lidah bergoyang? Banyak, salah satunya mi kocok. Sajian mi kocok yang hangat akan mem..

Jeruk Nipis Peras

Asam-asam menyegarkan dan menyehatkan. Olahan minuman dari perasan jeruk nipis ini datang dari Kabupaten Kuningan. Ia menawarkan s..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat