Article > Taman Purbakala Cipari

Taman Purbakala Cipari

WISATA SEJARAH | 24 Agustus 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Lokasi : Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan

Bersantai atau rekreasi di taman penuh bunga memang mengasyikkan dan menenangkan. Namun, ada hal lebih yang bakal didapat saat berkunjung ke taman luar biasa yang satu ini. Bukan dipenuhi tanaman dan bunga warna-warni tetapi bebatuan purba zaman Neolitikum dan zaman perunggu. Inilah Taman Purbakala Cipari.
Terletak pada ketinggian sekira 700 mdpl, tepatnya di kaki Gunung Ciremai, Taman Purbakala Cipari menyimpan temuan benda-benda purbakala. Luas areal taman yang dulunya berupa kebun milik warga ini mencapai 2.500 meter persegi. Pertama kali, situs ini ditemukan pada tahun 1971 oleh penduduk dan penelitian arkeologinya mulai dilakukan pada 1974-1976.

Memasuki area Taman Purbakala Cipari, pengunjung bakal dibuat takjub oleh benda-benda purbakala semisal peti kubur batu, kapak batu, gelang batu hingga gerabah. Di sana juga terdapat menhir dan dolmen sebagai tempat pemujaan. Keberadaan situs ini menjadi bukti bahwa manusia purba yang bermukim di Cipari telah memiliki kebudayaan yang tinggi.
Diperkirakan, seturut tipologi dan stratigrafinya, situs tinggalan Cipari pernah mengalami dua kali masa permukiman. Yaitu, permukiman manusia pada akhir masa Neolitikum dan awal pengenalan bahan perunggu (perundagian) antara tahun 1.000 s.d. 500 sebelum Masehi. Berwisata ke lokasi ini tentu akan membawa bayangan ke masa lampau. Tak sulit untuk sampai di sana, jaraknya hanya 4,5 kilometer dari pusat kota Kuningan. (IA/Foto: disparbud.jabarprov.go.id)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Gedung Perundingan Linggarjati

Siapa kira, sebuah rumah di kota kecil di kaki Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan ini menjadi dikenal dunia internasional melalui s..

Taman Purbakala Cipari

Bersantai atau rekreasi di taman penuh bunga memang mengasyikkan dan menenangkan. Namun, ada hal lebih yang bakal didapat saat ber..

Keraton Kacirebonan

Berstatus keraton terkecil dan paling akhir dibangun di antara dua keraton pendahulunya yakni Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoma..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat