Article > Lampu Gentur

Lampu Gentur

SUVENIR DAN KERAJINAN | 23 Agustus 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Siapa yang tak tahu lampu cantik ini? Masyarakat mengenal dan menyebutnya dengan nama lampu gentur. Lampu semacam ini banyak dijumpai di ruang tamu dan serambi rumah, hotel, restoran, galeri hingga kafe. Karena desain dan ornamennya yang artistik, banyak juga yang menjadikannya hanya sebagai hiasan.
Kerajinan tangan unik ini berasal dari Kabupaten Cianjur. Pemerintah daerah setempat telah menjadikannya sebagai salah satu ikon kabupaten. Nama gentur sendiri diambil dari nama perkampungan yakni Kampung Gentur Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang. Menurut cerita, penduduk setempat telah memproduksi lampu sejak sebelum Indonesia merdeka sekitar tahun 1940-an. Sebagian para pengrajin mewarisi generasi sebelumnya dalam berkarya.

Boleh dibilang, kerajinan lentera atau lampu hiasan ini telah mendarah daging bagi penduduk Gentur. Meski dibuat dan dipasarkan tanpa embel-embel merek, lampu gentur sudah demikian akrab lantaran ciri khasnya. Sedari dulu, kerajinan ini dibuat di industri skala rumahan. Bahan yang digunakan untuk membuat lampu hias ini antara lain pelat, kaca, kaca patri dan bahan lainnya.
Harga jual lampu gentur bervariasi mulai dari Rp 75 ribu hingga jutaan rupiah. Beberapa koleksi lampu gentur dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Ada yang bargaya modern klasik ala Maroko, mediterania hingga oriental. Bukan hanya diminati masyarakat lokal, lampu gentur malah sudah mendunia. Pemesannya tak hanya dari Asia semisal Timur Tengah dan Asia Tenggara tetapi juga dari Amerika Serikat dan daratan Eropa seperti Jerman, Belanda, Bulgaria, dan Yunani. Lampu-lampu gentur klasik bahkan saat ini telah menjadi buruan para kolektor. (IA/Foto: geliatcianjur/youtube)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Kerajinan Rotan Cirebon

Tak diragukan, Kabupaten Cirebon sedari dulu masyhur sebagai daerah penghasil kerajinan rotan terbesar di Indonesia bahkan pada ma..

Lampu Gentur

Siapa yang tak tahu lampu cantik ini? Masyarakat mengenal dan menyebutnya dengan nama lampu gentur. Lampu semacam ini banyak dijum..

Payung Geulis

Bukan hanya wanita yang bisa berdandan untuk tampil cantik. Payung yang satu ini pun didandani supaya punya penampilan yang menari..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat