Article > Ketangkasan Domba Garut

Ketangkasan Domba Garut

WISATA SENI DAN BUDAYA | 22 Agustus 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Ini benar-benar adu domba. Bukan adu domba dalam arti kiasan, melainkan seni ketangkasan domba garut. Seni khas asal Kabupaten Garut ini banyak dipentaskan di berbagai daerah khususnya pada acara-acara besar. Atraksi wisatanya menghadirkan sensasi tersendiri sebagai bagian dari seni dan budaya lokal. Di Garut, pertunjukannya tersebar di sejumlah tempat atau lapang.
Domba garut punya karakteristik yang khas ketimbang domba-domba di luar Garut. Fisik yang kekar dengan berat berkisar 60-80 Kg, tanduk baplang (melintang), dan daun telinga lebih kecil adalah beberapa perbedaannya. Domba yang dibawa dan dipentaskan mesti punya syarat dan kualitas yang baik sebagai petarung. Domba-domba petarung biasanya punya nilai jual yang tinggi apalagi domba juara pentas.

Untuk menghasilkan domba petarung, sang pemilik melakukan perawatan ekstra ketimbang domba yang diternak untuk dikonsumsi. Menu makanannya pun lebih bervariasi lantaran domba petarung membutuhkan energi dan otot yang kuat. Bahkan, domba pun harus dirawat dan dijaga kebugarannya dengan cara semisal berenang dan dijemur di bawah sinar matahari.
Seni ketangkasan domba garut sudah berkembang sejak lama. Biasanya, pertunjukan diiringi dengan berbagai atraksi dan musik kesenian tradisional yang dimainkan di tepi lapang adu. Terkadang, si empunya turut mengibing kala dombanya bertarung seraya memberi semangat. Meski diadu tetapi dalam hal ini bukan berarti tanpa batasan. Namanya juga seni ketangkasan, ada aturan mainnya. Domba dilindungi oleh wasit yang mengacu pada aturan tersebut saat bertarung yakni sebatas untuk adu ketangkasan dan hiburan. (IA/Foto: diparbud.jabarprov.go.id)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Kampung Adat Kuta

Bukan di Pulau Dewata Bali, meski namanya identik dengan salah satu pantai yang masyhur di sana. Ini adalah kampung adat bernama K..

Ketangkasan Domba Garut

Ini benar-benar adu domba. Bukan adu domba dalam arti kiasan, melainkan seni ketangkasan domba garut. Seni khas asal Kabupaten Gar..

Dogdog Lojor

Dimainkan secara bersama dengan riang, ada penari, penyanyi dan pemain instrumen. Dogdog lojor sebagai kesenian tradisi dari Sukab..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat