Article > Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan

WISATA SEJARAH | 16 Agustus 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Lokasi: Kampung/ Kelurahan Pulosaren Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon

Berstatus keraton terkecil dan paling akhir dibangun di antara dua keraton pendahulunya yakni Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan juga menyimpan sejarah Cirebon masa silam. Berkunjung ke sini, tentu akan melengkapi wisata keraton Anda di Kuda Udang.
Keraton Kacirebonan didirikan pada tahun 1808 oleh Pangeran Carbon Amirul Mukminin, yakni putra mahkota Sultan Kanoman IV Pangeran Muhammad Khaerudin yang melakukan perlawanan terhadap pemerintah Kolonial Hindia Belanda. Boleh dibilang, kacirebonan sebagai pecahan atau pemekaran dari Keraton Kanoman. Keraton ini menjadi saksi bisu peperangan dengan Belanda yang berkecamuk di Cirebon.

Menempati lahan seluas 2,5 hektare, Keraton Kacirebonan punya paseban atau balai untuk menghadap raja yakni Paseban Kulon di sebelah kiri dan Paseban Wetan di bagian kanan keraton. Keduanya juga berfungsi sebagai tempat menerima tamu dan latihan tari topeng Cirebon. Bangunan utama keraton didominasi nuansa hijau yang membalut delapan tiang pilar utama penopang bangunan.
Keraton Kacirebonan menyimpan berbagai benda koleksi kuno yang sarat sejarah dan budaya. Di sana tersimpan pedang, keris, tombak, uang kuno, gamelan hingga alat pembuat jamu yang berbentuk batu. Di bagian lain, ada tempat khusus menyimpan benda-benda yang berkaitan dengan keraton dan agama Islam. Kitab era para wali hingga gamelan merupakan sebagian koleksi yang dapat disaksikan saat berkunjung ke keraton termuda di Cirebon tersebut. (IA/Foto: dispabud.jabarprov.go.id)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Gedung Perundingan Linggarjati

Siapa kira, sebuah rumah di kota kecil di kaki Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan ini menjadi dikenal dunia internasional melalui s..

Taman Purbakala Cipari

Bersantai atau rekreasi di taman penuh bunga memang mengasyikkan dan menenangkan. Namun, ada hal lebih yang bakal didapat saat ber..

Keraton Kacirebonan

Berstatus keraton terkecil dan paling akhir dibangun di antara dua keraton pendahulunya yakni Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoma..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat