Article > Dogdog Lojor

Dogdog Lojor

WISATA SENI DAN BUDAYA | 15 Agustus 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Dimainkan secara bersama dengan riang, ada penari, penyanyi dan pemain instrumen. Dogdog lojor sebagai kesenian tradisi dari Sukabumi dan Lebak Banten, terus bersemi dan berkembang ke arah global. Lalu, bagaimana kesenian ini dimainkan?
Ya, bagi masyarakat Sukabumi yang tersebar dan menetap di sekitar kaki Gunung Halimun seperti di Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar dan Sirnaresmi, dogdog lojor punya nilai dan makna yang demikian kuat. Kesenian ini biasa dimainkan dalam acara ritual saat panen padi yakni sérén taun dan berlangsung di pusat kampung adat dan acapkali dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Tradisi penghormatan padi tersebut masih dilaksanakan masyarakat setempat hingga saat ini sebagai cara memegang teguh dan melestarikan adat lama.

Meski kesenian ini dinamakan dogdog lojor tetapi dalam pertunjukannya dimainkan pula instrumen lain yakni angklung. Dogdog—alat musik dari kayu yang cara memainkannya ditabuh seperti kendang,  dalam kesenian dogdog lojor punya ukuran yang lebih panjang sekira 90 hingga 100 Cm dan diameter 12-15 Cm. Lubang kayu ditutup kulit kambing sehingga jika dipukul atau ditabuh keluar bunyi khas dog … dog …!
Kesenian dogdog lojor dimainkan tiga orang penabuh dogdog yang saling mengisi suara saat alunan musik berlangsung sehingga menghasilkan bunyi merdu, kemudian empat pemain angklung dan satu penyanyi. Beberapa penari biasanya turut dalam pertujukan.
Tak jarang di sela pertunjukan menyeruak guyonan-guyonan khas Sunda yang mengundang tawa. Namun demikian, dalam mengiringi upacara adat biasanya dilakukan pemain yang sudah berpengalaman karena sifatnya yang sakral. Saat mengiringi tradisi, alat musik tersebut tidak boleh dimainkan sembarangan. (IA/Foto:indonesiakaya)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Kampung Adat Kuta

Bukan di Pulau Dewata Bali, meski namanya identik dengan salah satu pantai yang masyhur di sana. Ini adalah kampung adat bernama K..

Ketangkasan Domba Garut

Ini benar-benar adu domba. Bukan adu domba dalam arti kiasan, melainkan seni ketangkasan domba garut. Seni khas asal Kabupaten Gar..

Dogdog Lojor

Dimainkan secara bersama dengan riang, ada penari, penyanyi dan pemain instrumen. Dogdog lojor sebagai kesenian tradisi dari Sukab..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat