Article > Payung Geulis

Payung Geulis

SUVENIR DAN KERAJINAN | 14 Agustus 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Bukan hanya wanita yang bisa berdandan untuk tampil cantik. Payung yang satu ini pun didandani supaya punya penampilan yang menarik dan bernilai estetis. Namanya payung geulis yang masyhur sekaligus ikon Kota Tasikmalaya. Dalam bahasa Indonesia, geulis berarti cantik, ayu, ataupun elok. Pusat pembuatan payung geulis berada di Kelurahan Panyingkiran Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya.
Memang, kebanyakan payung berfungsi sebagai pelindung saat hujan atau terik matahari. Namun, payung geulis hanya bisa melindungi penggunanya dari sengatan sinar matahari. Apa sebab? Payung cantik ini terbuat dari kayu dan penutupnya berbahan kertas yang tentu saja tidak bisa tahan air atau hujan.

Payung geulis terbilang kerajinan unik dengan lukisan bunga warna-warni yang menghiasi seluruh lapisan payung karya para pengrajin. Secara umum, ada dua motif hias yakni geometris berbentuk bangunan dengan menonjolkan garis lurus dan lengkung, dan motif hias nongeometris yang diambil dari bentuk alam semisal hewan dan tanaman. Semua proses pembuatan payung geulis dilakukan secara manual atau handmade. Kecuali gagang payung yang diproduksi massal menggunakan mesin.
Terlepas dari kekurangan akan fungsinya, payung geulis punya kelebihan lain dari sisi estetika. Sejak masa pemerintah Hindia Belanda, payung cantik ini sudah demikian melekat dengan para nona Belanda. Dalam kesehariannya, payung tersebut tak lepas dari genggamannya. Para mojang Priangan pun tak kalah elegan saat mengenakan payung geulis dalam ragam aktivitasnya. (IA/Foto:bpkad.tasikmalaya.go.id/rri.co.id)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Kerajinan Rotan Cirebon

Tak diragukan, Kabupaten Cirebon sedari dulu masyhur sebagai daerah penghasil kerajinan rotan terbesar di Indonesia bahkan pada ma..

Lampu Gentur

Siapa yang tak tahu lampu cantik ini? Masyarakat mengenal dan menyebutnya dengan nama lampu gentur. Lampu semacam ini banyak dijum..

Payung Geulis

Bukan hanya wanita yang bisa berdandan untuk tampil cantik. Payung yang satu ini pun didandani supaya punya penampilan yang menari..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat