Article > Keraton Kanoman

Keraton Kanoman

WISATA SEJARAH | 9 Agustus 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Lokasi : Kampung Kanoman Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon

Masih berkaitan erat dengan Kesultanan Cirebon, Keraton Kanoman menyimpan jejak dan sejarah panjang tentang Cirebon. Jangan lewatkan destinasi ini ketika berkunjung ke Kota Udang. Terlebih, jika sejarah adalah minat Anda yang menjadi aktivitas menarik sekaligus mengasyikkan sembari jalan-jalan.
Kompleks keraton dengan luas mencapai enam hektare ini didirikan sekira tahun 1510 Saka atau 1588 M yang mengacu pada prasasti berupa gambar surya sangkala dan Keraton Sangkala di pintu Pendopo Jinem. Sumber lain menyebut didirikan sekitar tahun 1678 oleh Pangeran Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya bersamaan dengan pelantikan dirinya sebagai Sultan Kanoman. Seperti bangunan keraton lainnya di Cirebon, bangunan Keraton Kanoman juga persis menghadap ke utara.

Keraton Kanoman adalah salah satu alternatif wisata yang cocok bagi pencinta sejarah dan budaya. Peninggalan-peninggalan bersejarah di keraton ini juga tak lepas dari dakwah dan syiar Islam yang dilakukan Pangeran Syarif Hidayatullah alias Sunan Gunung Jati. Salah satu bangunan penting di komplek keraton adalah Witana. Witana berasal dari kata “awit ana” yang berarti bangunan tempat tinggal pertama yang didirikan saat membentuk Dukuh Caruban.
Ornamen bersejarah lainnya adalah keramik yang menghiasi dinding-dinding keraton berasal dari Tiongkok. Hal ini menjelaskan hubungan baik keraton di Cirebon dengan komunitas Tionghoa sudah terbina sejak lama. Hingga saat ini, keluarga Keraton Kanoman masih taat memegang adat istiadat dan pepakem semisal pergelaran tradisi Grebeg Syawal yang berlangsung sepekan setelah Idulfitri. (IA/Foto: travelspromo/bp)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Taman Purbakala Cipari

Bersantai atau rekreasi di taman penuh bunga memang mengasyikkan dan menenangkan. Namun, ada hal lebih yang bakal didapat saat ber..

Keraton Kacirebonan

Berstatus keraton terkecil dan paling akhir dibangun di antara dua keraton pendahulunya yakni Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoma..

Keraton Kanoman

Masih berkaitan erat dengan Kesultanan Cirebon, Keraton Kanoman menyimpan jejak dan sejarah panjang tentang Cirebon. Jangan lewatk..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat