Article > Kampung Pulo

Kampung Pulo

WISATA SENI DAN BUDAYA | 8 Agustus 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Lokasi : Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut

Tak boleh mendirikan lebih dari tujuh bangunan. Begitu kiranya salah satu aturan yang sudah melekat di kampung ini selama ratusan tahun. Penasaran ingin melihat keunikannya? Datanglah ke Kampung Pulo.
Banyaknya aturan dan larangan demi menjaga kelestarian yang diwariskan secara turun-temurun, menjadikan kampung ini berbeda dengan kampung lain. Semenjak didirikan hingga sekarang cuma ada tujuh bangunan yang terdiri dari enam rumah dan satu musala.
Unik memang. Di Kampung Pulo yang dibangun sejak abad ke-17 ini tidak boleh menambah bangunan pokok dan tidak boleh menambah kepala keluarga. Hal ini merupakan wujud menjaga kelestarian dan tradisi kampung yang didirikan pemuka sekaligus penyebar agama Islam di wilayah Leles yakni Eyang Embah Dalem Arif Muhammad. Tujuh bangunan tersebut mencerminkan simbol enam putri dan satu putra keturunan Embah Dalem.

Saat ini, Kampung Pulo ditempati generasi ke delapan, sembilan dan sepuluh keturunan Eyang Embah Dalem Arif Muhammad. Mereka terdiri dri 23 orang yakni 10 perempuan dan 13 laki-laki. Karena di Kampung Pulo tidak boleh menambah kepala keluarga, maka anak yang menikah paling lama dua minggu bisa tinggal di sana kemudian harus menetap di luar kampung. Terkecuali jika orang tuanya sudah meninggal, maka anak tersebut bisa masuk lagi ke Kampung Pulo untuk mengisi kekosongan.
Berada di kawasan Candi Cangkuang, Kampung Pulo jauh dari hiruk pikuk kendaraan sehingga nyaman dikunjungi. Aturan adat lain yang diterapkan di sana adalah tidak diperkenankan beternak binatang besar berkaki empat karena mata pencaharian masyarakat Kampung Pulo bercocok tanam atau bertani. (IA/Foto: disparbud.jabarprov.go.id/kompas)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Kampung Adat Kuta

Bukan di Pulau Dewata Bali, meski namanya identik dengan salah satu pantai yang masyhur di sana. Ini adalah kampung adat bernama K..

Ketangkasan Domba Garut

Ini benar-benar adu domba. Bukan adu domba dalam arti kiasan, melainkan seni ketangkasan domba garut. Seni khas asal Kabupaten Gar..

Dogdog Lojor

Dimainkan secara bersama dengan riang, ada penari, penyanyi dan pemain instrumen. Dogdog lojor sebagai kesenian tradisi dari Sukab..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat