Article > Gerabah Sitiwinangun

Gerabah Sitiwinangun

SUVENIR DAN KERAJINAN | 7 Agustus 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Tak syak lagi, Desa Sitiwinangun Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon sudah masyhur sebagai sentra pembuatan gerabah di Pulau Jawa bahkan Indonesia secara turun-temurun. Peradaban gerabah di desa ini sudah dimulai sejak abad ke-15, jauh sebelum Cirebon dikenal sebagai sentra batik atau industri rotannya. Sitiwinangun berasal dari bahasa Jawa, siti artinya tanah dan wangun yang berarti bentuk atau tanah yang dibentuk.
Dari Desa Sitiwinangun lahir karya-karya para pengrajin gerabah atau tembikar yang diniagakan ke seluruh pelosok nusantara sejak lama. Gerabah berkualitas baik dari bahan dasar tanah liat tersebut antara lain genteng, gentong, celengan, hiasan pot bunga, patung, guci, kendi, teko, anglo dan perlengkapan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Terletak 15 Km di timur pusat Kota Cirebon, gerabah desa ini sempat mengalami masa kelam karena banyak pengrajin beralih profesi dan tak punya penerus. Namun, beberapa tahun terakhir produksi kerajinan gerabah kembali menggeliat dan pengrajin mulai merambah generasi muda. Hasil karyanya pun banyak yang lahir seturut pada pesanan, desain dan keinginan pembeli. Sebelumnya pengrajin didominasi para sepuh.
Saat ini, harga kerajinan gerabah di desa ini beragam, mulai gantungan kunci yang dibanderol Rp 3 ribu per buah hingga patung semar yang dijual Rp 3 juta. Wisatawan bisa membeli produk gerabah dengan mengunjungi langsung desa tersebut. Tak sampai di situ, Desa Sitiwinangun juga menyediakan paket wisata berkeliling melihat proses pembuatan gerabah dan belajar membuat gerabah bagi wisatawan. (IA/Foto:kerajinanindonesia/idntimes)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Kerajinan Rotan Cirebon

Tak diragukan, Kabupaten Cirebon sedari dulu masyhur sebagai daerah penghasil kerajinan rotan terbesar di Indonesia bahkan pada ma..

Lampu Gentur

Siapa yang tak tahu lampu cantik ini? Masyarakat mengenal dan menyebutnya dengan nama lampu gentur. Lampu semacam ini banyak dijum..

Payung Geulis

Bukan hanya wanita yang bisa berdandan untuk tampil cantik. Payung yang satu ini pun didandani supaya punya penampilan yang menari..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat