Article > Jalakotek

Jalakotek

WISATA KULINER | 5 Agustus 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Bukan pastel, lho! Ini dari Kota Angin, namanya jalakotek. Pernah mendengar nama tersebut sebelumnya? Memang, dilihat dari bentuknya kedua makanan ringan ini serupa. Akan tetapi tunggu dulu, keduanya tak sama dalam hal rasa dan juga isinya.
Jalakotek memadukan bumbu dengan bahan dasar tepung kanji dan tahu yang sudah dibumbui. Sepintas lebih mirip cireng, karena itu teksturnya agak kenyal. Sedangkan soal isinya yang paling populer adalah ayam pedas yakni ayam suwir yang dimasak dengan bumbu plus sedikit campuran cabai rawit.

Biasanya kuliner ini dijual di gerobak kaki lima dengan harga mulai Rp 1.000 tergantung besar kecilnya. Di seputar Alun-alun Majalengka juga mudah ditemui bahkan di beberapa gerai swalayan. Di luar pedagang yang mangkal, jalakotek juga banyak dijajakan pedagang dengan cara berkeliling dari kampung ke kampung.
Sebagai camilan khas Majalengka, jalakotek bak mutiara dalam kerang. Bentuknya yang cantik sekaligus dirindui rasa pedasnya. Harganya yang terjangkau isi kantong, membuat camilan ini banyak diburu berbagai kalangan baik untuk buah tangan maupun sekadar menemani jamuan minum teh hangat.
Menikmati jalakotek memang enaknya disantap selagi hangat, saat tepung kanjinya masih garing dan tetap ada tekstur kenyalnya. Bagi penyuka pedas bisa ditambahkan bubuk cabai kering untuk memperkaya rasa dan menggugah selera. (IA/Foto:cookpad)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Kalua Jeruk

Orang menyebut oleh-oleh khas Ciwidey Kabupaten Bandung ini dengan nama kalua. Kudapan yang kebanyakan diproduksi penduduk lokal d..

Mi Kocok

Mencari kuliner di Kota Bandung yang membuat lidah bergoyang? Banyak, salah satunya mi kocok. Sajian mi kocok yang hangat akan mem..

Jeruk Nipis Peras

Asam-asam menyegarkan dan menyehatkan. Olahan minuman dari perasan jeruk nipis ini datang dari Kabupaten Kuningan. Ia menawarkan s..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat