Article > Situ Cileunca

Situ Cileunca

WISATA ALAM | 11 Juli 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Lokasi : Desa Wanasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung

Bicara Pangalengan tak bisa dipisahkan dengan objek wisata Situ Cileunca. Ya, pesona dataran tinggi di Bandung selatan ini menyajikan pengalaman lain bertamasya di tengah alam hijau nan menyejukkan. Anda sudah mengunjunginya?
Terletak di ketinggian 1.550 mdpl, Situ Cileunca berjarak sekira 45 kilometer dari Kota Bandung dan dapat ditempuh antara 2 hingga 2,5 jam saja. Tak sulit untuk bisa sampai hingga tepi situ atau danau yang eksotis tersebut. Meskipun menanjak, perjalanan dari Kota Bandung akan terasa mudah bahkan mengesankan. Keindahan pemandangan alam dan perkebunan teh yang dilewati demikian memanjakan mata.

Situ Cileunca dianugerahi hawa sejuk, dingin, dan menyajikan pesona alam yang luar biasa. Air yang berasal dari danau tersebut dialirkan melalui Sungai Palayangan. Di aliran sungai itu, pengunjung bisa melakukan aktivitas petualangan rafting atau arung jeram sepanjang 5 kilometer. Berada di sana, pikiran akan terasa lebih tenang dan damai sembari menghirup udara yang bersih.
Memang, Situ Cileunca bukanlah danau yang terbentuk secara alami. Danau ini dibangun dalam kurun tujuh tahun antara 1919 sampai 1926 pada era Hindia Belanda dengan luas mencapai 180 hektare. Meski buatan, namun suasana alami terbentuk apik sekaligus memberi kesan yang mendalam.
Tak hanya mengandalkan panorama danau, Situ Cileunca juga dikenal sebagai tempat berburu foto yang sempurna. Di sana, wisatawan bisa bermalam dengan berkemah di tepian danau dan menikmati suasana yang romantis. (IA)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Pantai Karang Hawu

Tak hanya dianugerahi pesona yang indah, Pantai Karang Hawu masyhur pula karena legenda yang berkembang di tengah penduduk lokal. ..

Terasering Argapura

Terasering persawahan di areal perbukitan rupanya bukan hanya soal kebutuhan pangan dan tradisi turun-temurun. Lebih dari itu, ada..

Pantai Batu Karas

Nama Batu Karas sudah tak asing lagi di tengah masyarakat penyuka wisata pantai khususnya di Pangandaran. Bahkan, pantai tersebut ..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat