Article > Situ Patok

Situ Patok

WISATA ALAM | 9 Juli 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Lokasi: Desa Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon

Bagi penyuka panorama alam, menjelajah Cirebon akan terasa hambar jika melewatkan momen matahari tenggelam di ufuk barat. Bukan di pantai, bukan pula di gunung. Akan tetapi, menikmati pesonanya di sebuah situ atau danau.
Namanya Setu atau Situ Patok. Situ ini salah satu tempat terbaik menikmati matahari tenggelam di pinggiran Kabupaten Cirebon, tepatnya di sebelah timur sekira 10 kilometer dari Brebes. Jika datang dari Kota Cirebon, danau ini bisa ditempuh kurang lebih sejauh 6 kilometer ke arah Tegal. Untuk memudahkan perjalanan, ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi mengingat belum adanya angkutan umum yang lewat situ tersebut.
Penorama sore menjadi paling indah dinikmati di sana. Suasana yang syahdu dan menenangkan bisa langsung terasa. Saat senja menjelang, akan nampak para pencari ikan mulai menepi dengan membawa hasil tangkapannya. Para petani pun bersiap untuk pulang seiring lembayung menampakkan rona jingga.

Pemandangan alami matahari tenggelam makin dramatis kala pantulan sinar jingganya sampai di permukaan air yang tenang. Pengunjung bisa menghabiskan waktu dan menikmati suasana dengan mengabadikan momen tersebut. Bisa sembari duduk-duduk di atas perahu.
Berada di sana, ada keindahan lain yang tak bisa disembunyikan. Ada bukit-bukit yang hijau dan Gunung Ciremai yang menjulang dan elok dipandang. Di tengah danau, ada sebuah pulau mungil yang acap disebut Situ Gunung.
Sehari-hari, layaknya bendungan, Situ Patok dengan luas mencapai 175 hektare digunakan untuk menampung air dan dialirkan kala musim kemarau tiba. Tak hanya mengandalkan panorama danau, di Situ Patok juga terdapat wahana bermain, berkemah, memancing, kolam renang hingga perahu. (IA/Foto: wisatacirebon.info)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Pantai Karang Hawu

Tak hanya dianugerahi pesona yang indah, Pantai Karang Hawu masyhur pula karena legenda yang berkembang di tengah penduduk lokal. ..

Terasering Argapura

Terasering persawahan di areal perbukitan rupanya bukan hanya soal kebutuhan pangan dan tradisi turun-temurun. Lebih dari itu, ada..

Pantai Batu Karas

Nama Batu Karas sudah tak asing lagi di tengah masyarakat penyuka wisata pantai khususnya di Pangandaran. Bahkan, pantai tersebut ..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat