Article > Teluk Ciletuh

Teluk Ciletuh

WISATA ALAM | 11 Mei 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Lokasi: Desa Ciwaru Kec. Ciemas Kab. Sukabumi

Tak syak lagi, kekayaan alam yang masuk dalam kawasan Taman Bumi (Geopark) Ciletuh-Palabuhanratu punya keistimewaan dan keunikan. Kurang afdal pula rasanya kalau kita melancong ke kawasan taman bumi tersebut tanpa singgah atau menikmati keindahan Teluk Ciletuh yang ikonik.
Ya, teluk ini sudah demikian familiar terutama di kalangan pencinta bumi dan traveler sejak dua dekade terakhir. Keeksotisan teluk yang pada masa Hindia Belanda disebut zand-baai (teluk pasir), begitu cepat menyebar dan meluas terutama di media sosial. Padahal, sebelum-sebelumnya hanya dikenal sebagian orang saja khususnya nelayan, geolog, dan penambang emas. Teluk Ciletuh dan kawasan lainnya yang masuk Taman Bumi Ciletuh Palabuhanratu kian mendunia setelah masuk daftar jaringan Unesco Global Geopark pada 2018.
Bentuk Teluk Ciletuh yang menyerupai tapal kuda memang begitu unik. Terlebih, jika dilihat dari ketinggian semisal di Puncak Darma dan Bukit Panénjoan. Bentang alamnya benar-benar mengagumkan, disertai pemandangan amfiteater alam seluas 15x9 km yang mengarah ke Teluk Ciletuh.
Warna biru pirus laut memanjakan mata dari ketinggian. Jika kita berada lebih dekat dan bermain air di tepiannya, maka mesti menginjakkan kaki di pantai tapal kuda itu. Inilah Pantai Palangpang yang masih alami. Tak jauh dari pantai ini kita juga bisa menikmati Curug Cimarinjung yang indah.

Seturut penelitian, secara umum kedalaman air Teluk Ciletuh agak landai ke arah barat dengan kedalaman maksimal sekira 200 meter serta membentuk lembah yang dalam ke arah barat.
Garis pantai bagian utara dibatasi tebing pantai yang curam. Sedangkan di selatan morfologinya agak landai dan di beberapa tempat ada pendangkalan hingga terbentuk pulau-pulau yang muncul menjadi daratan. Pulau-pulau mungil dengan luas di bawah 10 ribu hektare tersebut antara lain Pulau Mandra, Pulau Kunti, dan Pulau Manuk. (IA)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Kawah Putih

Saking uniknya, berwisata ke Kawah Putih serasa di negeri dongeng. Boleh jadi hal itu yang menjadi daya pikat objek wisata alam te..

Situ Cileunca

Bicara Pangalengan tak bisa dipisahkan dengan objek wisata Situ Cileunca. Ya, pesona dataran tinggi di Bandung selatan ini menyaji..

Leuwi Tonjong

Ingin menikmati keeksotisan “surga” tersembunyi di Garut selatan? Gampang, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata indah Leuwi ..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat