Article > Tugu Lady Raffles

Tugu Lady Raffles

WISATA SEJARAH | 7 Mei 2019

Irwan

Gurilaps Admin

Lokasi : Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor

Jika Anda berkunjung ke Kebun Raya Bogor, tengoklah sebuah bangunan mungil nan anggun bercat putih. Letaknya tak jauh dari gerbang masuk salah satu objek wisata andalan di Kota Hujan ini. Anda akan mudah mendapatinya.
Bangunan menyerupai gazebo tersebut sarat kisah dan sejarah. Inilah bukti tanda cinta Sir Thomas Stamford Raffles (1811-1816) untuk mengenang mendiang istrinya, Olivia Mariamne Raffles. Olivia meninggal dunia pada 1814 lantaran penyakit malaria.
Bangunan indah melingkar disokong delapan kolom itu bernama Lady Raffles Monument atau Tugu Lady Raffles. Ada sebait kata puitis yang tercetak pada tugu hampir setinggi orang dewasa tersebut. Kata-kata itu ditulis Olivia dalam bahasa Inggris klasik sebelum kematiannya.
Oh thou whom neer my constant heart, one moment hath forgot, tho fate severe hath bid us part, yet still - forget me not.”(Kamu yang selalu berada di hatiku, tak pernah sedikit pun kulupakan, walaupun takdir memisahkan kita, janganlah lupakan aku).
Olivia dikenal sebagai sosok perempuan yang memperkenalkan reformasi sosial di kalangan masyarakat Jawa. Sedangkan Thomas Raffles adalah seorang yang masyhur yang membentuk kerajaan terbesar seantero jagat. Salah satunya membangun Singapura modern.

Sewaktu Raffles menjabat Letnan Gubernur Inggris di Pulau Jawa, banyak hal yang dilakukannya termasuk penelitian tentang Melayu. Bahkan, hasil penelitiannya di Pulau Jawa ditulis dan dibukukan dalam judul “History of Java” yang menceritakan tentang sejarah Jawa. Kiprah lainnya adalah menyelidiki flora dan fauna di Hindia Belanda serta artefak kuno seperti Candi Borobudur.
Raffles meninggal dunia tahun 1826 pada usia 44 tahun di London, Inggris. Sementara Olivia mengembuskan napas terakhirnya di Buitenzorg (Bogor) dan dimakamkan di Batavia (Jakarta). (IA)*

Hot Deals

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel Terkait

Taman Purbakala Cipari

Bersantai atau rekreasi di taman penuh bunga memang mengasyikkan dan menenangkan. Namun, ada hal lebih yang bakal didapat saat ber..

Keraton Kacirebonan

Berstatus keraton terkecil dan paling akhir dibangun di antara dua keraton pendahulunya yakni Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoma..

Keraton Kanoman

Masih berkaitan erat dengan Kesultanan Cirebon, Keraton Kanoman menyimpan jejak dan sejarah panjang tentang Cirebon. Jangan lewatk..

PAKET JELAJAH

Rp 200,000
Rp 200,000
1 hari

Mengambang Menikmati Green Canyon

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Rp 375,000
Rp 375,000
2 hari

Hangatnya Rafting Di Pangalengan

Kabupaten Bandung, Jawa Barat